Informasi Belanja | Lifestyle | Potret Kehidupan Lainnya Terkini

Informasi Belanja | Lifestyle | Potret Kehidupan Lainnya Terkini

5 Tips Hemat Saat Liburan

5 Tips Hemat Saat Liburan

Liburan memang bisa jadi kegiatan yang amat ditunggu-tunggu terutama saat sudah merasa sangat jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Namun terkadang, hari libur tiba tidak pada tanggal-tanggal muda sehingga seringkali liburan harus terkendala masalah budget atau dana. Tidak perlu panik, jika memang Anda telah berencana untuk berlibur, masih ada cara untuk berhemat saat liburan:

1. Tentukan lokasi liburan.

Karena ini adalah liburan yang low-budget, lokasi atau destinasi wisata juga sebaiknya tidak terlalu jauh seperti kota lain di dalam satu provinsi, satu pulau atau kota lain di luar pulau. Indonesia punya banyak potensi wisata alam yang menarik.

2. Akomodasi murah.

Jangan gengsi untuk naik kereta atau pesawat kelas ekonomi dan memanfaatkan akomodasi murah lainnya ketika liburan seperti menggunakan kendaraan umum, menginap di hotel atau penginapan yang murah yang penting bersih dan nyaman, makan di kedai-kedai kaki lima hingga menyewa kendaraan murah meriah seperti sepeda atau sepeda motor. Khusus untuk tiket kereta atau penerbangan yang murah meriah, Anda bisa memesannya dari jauh-jauh hari agar Anda masih bisa kebagian, Anda bisa memanfaatkan promo akomodasi yang diadakan oleh travel agent online.

3. Utamakan uang tunai.

Meski Anda merupakan pengguna kartu kredit, bukan berarti kartu kredit bisa Anda gunakan sesuka hati saat liburan. Mungkin saja Anda bisa membeli apapun yang Anda mau pada saat liburan dengan menggunakan kartu kredit Anda, tapi ingat bahwa di awal bulan ada tagihan yang menanti Anda. Utamakan untuk membawa uang tunai secukupnya dan gunakan kartu kredit hanya pada saat terdesak saja. Jangan lupa untuk memberi batas pengeluaran setiap harinya selama Anda berlibur.

4. Bawa bekal dan air minum.

Sudah bukan hal yang rahasia lagi jika makanan yang tersedia di obyek-obyek wisata harganya bisa 2-3 kali lipat lebih mahal dari harga biasanya. Meskipun mungkin ada yang murah namun porsinya kurang banyak dan belum tentu enak. Lebih baik sebelum berangkat ke obyek wisata, bawalah bekal berupa nasi bungkus yang Anda beli di kedai atau warung makan kaki Lina dan juga makanan dan minuman ringan yang Anda beli supermarket. Dengan demikian, Anda tidak perlu jajan.

5. Oleh-oleh murah.

Berlibur ke daerah lain tentu akan terasa kurang jika tidak membeli oleh-oleh atau sekedar souvenir untuk kenang-kenangan, jadi jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang murah. Anda bisa membeli oleh-oleh di pasar-pasar tradisional daripada harus membeli di lokasi obyek wisata atau toko oleh-oleh, karena biasanya harga oleh-oleh di kedua tempat tersebut bisa jauh lebih mahal. Jangan lupa sebelum Anda membeli, lakukan tawar menawar harga terlebih dahulu.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *