Informasi Belanja | Lifestyle | Potret Kehidupan Lainnya Terkini

Informasi Belanja | Lifestyle | Potret Kehidupan Lainnya Terkini

Harga Sapi Kurban Semakin Tinggi

Harga Sapi Kurban Semakin Tinggi

Adanya permintaan terhadap hewan qurban untuk menunaikan ibadah kurban untuk disembelih di hari raya Idul Adha, membuat pasar ternak menjadi ramai di setiap tahunnya. Aktivitas ini sangat diramaikan dengan logika pasar secara umum, yaitu harga. Baik itu soal harga kambing kurban, maupun harga sapi kurban yang hampir setiap tahun harganya semakin tinggi. Hal ini dikarenakan, aktivitas dari pasar hewan kurban tidak bisa Anda samakan dengan aktivitas dari pasar daging komersial, karena sistem penilaiannya pun juga berbeda.

Sistem penilaian dari para konsumen terhadap hewan kurban, akan sangat spesifik. Hal ini dikarenakan para konsumen tidak hanya membeli dan mempersoalkan daging hewan tersebut, tetapi juga mempersoalkan terkait kualitas dan kelayakan bentuk fisik dari hewan yang akan dikurbankan, sehingga sesuai dengan syariah dari syarat berkurban. Hal inilah yang menyebabkan harga hewan kurban (termasuk harga sapi kurban) yang semakin tinggi tiap tahunnya, karena semakin tinggi tingkat kualitas dan kelayakan hewan kurban, maka semakin mahal harganya. Adanya selera dari para konsumen yang melihat aspek kemulusan, kegagahan, dan juga keindahan hewan qurban, merupakan menjadi penilaian subjektif tersendiri bagi masing-masing konsumen.

Walaupun hampir setiap tahun harga dari hewan-hewan kurban ini selalu naik, tidak membuat para konsumen berhenti atau menyurutkan permintaannya, justru menjelang dan mendekati hari raya Idul Adha, permintaan terhadap hewan kurban pun semakin banyak dan tinggi. Hal ini dikarenakan adanya dorongan spiritual seseorang terhadap ibadah qurban ini. Seperti halnya kenaikan harga sapi kurban yang tiap tahunnya semakin tinggi, hingga selisih atau perbedaan kenaikan harganya bisa mencapai 15-30%, atau sekitar Rp. 3.000.000,- perbedaan per ekor sapinya. Misalkan pada tahun sebelumnya untuk sapi yang memiliki ukuran badan 2 kwintal harganya Rp. 12.000.000,-, tetapi karena tahun ini mengalami kenaikan harganya menjadi Rp. 15.000.000,-. Sama juga dengan sapi yang memiliki ukuran badan 6 kwintal, harga di tahun sebelumnya hanya Rp. 20.000.000,-, sedangkan untuk tahun ini harganya menjadi Rp. 23.000.000,-. Tidak menutup kemungkinan, harga sapi ini akan semakin tinggi lagi hingga beberapa hari menjelang dan sebelum hari raya Idul Adha tiba. Kenaikan harga dari sapi kurban ini tidak bisa Anda hindari, karena harga kenaikan yang sangat melonjak tinggi ini dianggap wajar oleh para penjual hewan kurban.

Oleh sebab itu, Anda tidak perlu kaget dan heran jika hampir di setiap tahunnya harga hewan-hewan kurban (khususnya harga sapi kurban) akan selalu naik. Bahkan, melonjak naiknya harga dari sapi kurban dan juga kambing kurban, akan terus terjadi hingga beberapa hari sebelum hari raya Idul Adha. Sehingga untuk itu, Anda sangat perlu mempersiapkan dana yang cukup untuk membeli sapi kurban Anda, guna mengantisipasi kenaikan harga yang melonjak tersebut.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *